Penandaranganan Komitmen Bersama Implementasi Satu Data Indonesia (SDI) Dalam rangka Penyelenggaraan Sistem Statistik Nasional (SSN) antara Badan Pusat Statistik (BPS) dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bondowoso

Peran satu data sangat penting untuk melaksanakan fokus-fokus pembangunan , untuk itu sinergi antar kementerian, Lembaga antara pusat dan daerah, serta masyarakat luas. Penyelenggaraan satu data itu penting untuk memastikan kontribusi nyata dalam pembangunan ke depan.

Satu Data Indonesia ( SDI ) merupakan kebijakan tata kelola data Pemerintah guna menghasilkan data akurat, mutakhir, terpadu dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Dengan kebijakan Satu Data Indonesia terdapat konsep sinergitas penggunaan data antara instansi pusat dan instansi daerah serta lintas instansi kementerian dan lembaga.

Pengaturan Satu Data Indonesia sangat diperlukan untuk mengatasi permasalahan ketidakkonsistenan data instansi pemerintah yang satu dengan yang lain. Dan Kebijakan Satu Data Indonesia akan mampu mengatasi kesulitan masyarakat dalam mengakses data Pemerintah serta memangkas adanya duplikasi dan kebingungan terkait data.

Untuk itu Badan Pusat Statistik ( BPS ) sebagai Pembina Data bersama-sama dengan  Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Bondowoso sebagai Walidata segera menjawab tantangan untuk mewujudkan Satu Data Daerah Kabupaten Bondowoso seperti yang telah diamanatkan  Peraturan Presiden No: 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indoensia dan Peraturan Gubernur Jawa Timur No: 81 Tahun 2020 tentang Satu Data Propinsi Jawa Timur.

Pada hari Rabu Tanggal 3 Pebruari 2021 Badan Pusat Statistik bersama-sama dengan  Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Bondowoso melakukan Penandatangan Komitmen Bersama Implementasi Satu Data Indonesia Dalam Rangka Penyelenggaraan Sistem Statistik Nasional ( SSN ) Kabupaten Bondowoso Provinsi Jawa Timur.



Tinggalkan Balasan